shape
shape

Sarana dan Prasarana

  • Home
  • Sarana dan Prasarana

Al Balagh Entrepreneur Islamic School (ALBEIS) pada awal berdirinya sangat memperhatikan dengan seksama sarana dan prasaran (sarpras) yang sangat representative, karena hal tersebut akan sangat mempengaruhi hasil out put / out come sekolah. Fungsi Sarpras tsb terhadap proses belajar mengajar, prasarana pendidikan berfungsi tidak langsung dalam proses belajar mengajar, yang termasuk di dalam prasarana pendidikan ini adalah tanah, bangunan, halaman, pagar, tanaman, gedung/ bangunan sekolah, jaringan jalan, air, telepon, serta perabot/mebiler. Sedangkan sarana pendidikan adalah berfungsi secara langsung terhadap proses belajar mengajar, seperti alat pelajaran, alat peraga dan media pendidikan (Gunawan, 1996:115).

SARANA SEKOLAH

Sementara jika dilihat dari hubungan sarana terhadap proses pembelajaran ada tiga macam. Ketiga macam golongan tersebut akan diuraikan satu persatu berdasarkan klasifikasinya masing-masing:

  1. Alat pelajaran adalah semua benda yang dapat digunakan secara langsung oleh guru maupun murid dalam proses belajar mengajar, atau/alat benda yang dipergunakan secara langsung oleh guru maupun murid dalam proses belajar mengajar. Alat pelajaran dapat berupa buku tulis, gambar-gambar, alat-alat tulis-menulis lain seperti kapur, penghapus, dan papan tulis maupun alat-alat praktek, semuanya termasuk ke dalam lingkup alat pelajaran.
  2. Alat peraga adalah semua alat pembantu pendidikan dan pengajaran, baik berupa benda ataupun perbuatan dari yang tingkatnya paling kongkrit sampai yang paling abstrak yang dapat memepermudah pemberian pengertian (penyampaian konsep) kepada murid atau segala sesuatu yang digunakan guru untuk memperagakan atau memperjelas pelajaran.
  3. Media pendidikan, sekolah menggunakan multi media digital dalam pembelajaran, media ini adalah sarana pendidikan yang digunakan sebagai perantara di dalam proses belajar mengajar untuk lebih mempertinggi efektivitas dan efisiensi, tetapi dapat pula sebagai pengganti peranan guru. Biasanya klasifikasi media pendidikan didasarkan atas indera yang digunakan untuk menangkap isi dari materi yang disampaikan dengan media tersebut. Dengan cara pengklasifikasian ini dibedakan atas:
  • Media audio atau media dengar, media untuk pendengaran.
  • Media visual atau media tampak, yaitu media untuk penglihatan.
  • Media Audio Visual atau media tampak-dengar, yaitu media untukpendengaran dan penglihatan.

PRASARANA SEKOLAH, antara lain:

  1. Bangunan Sekolah (Kantor, Asrama, Ruang Kelas) di atas tanah seluas 1 Ha (di Cisarua Puncak Bogor – Jawa Barat), 2,5 Ha (di Solear – Kab. Bandung – Jawa Barat) da 2500 M2 (di Rancagoong, Kab Cianjur – Jawa Barat, Boarding Khusus Akhwat).
  2. Udara sejuk dan bersih, bangunan seperti Villa, pemandangan pegunungan luas dan sangat menarik sangat cocok untuk belajar.
  3. Halaman sangat luas, tanaman penghijauan sangat cocok untuk bermain dan saat istirahat;
  4. Lapangan olah raga luas, futsal, bola volley, basket, kolam renang, tenis meja, panahan dan berkuda (representative untuk kegiatan ekskul);
  5. Ruang Kelas luas untuk 25 – 30 Siswa, sangat nyaman untuk belajar;
  6. Tiap Kamar Asrama maksimal hanya 8 siswa, dilengkapi tempat belajar, kamar mandi & Kamar Kecil berada di dalam, sehingga memudahkan siswa untuk berbenah;
  7. Prasarana sekolah dilengkapi dengan Asrama khusus menginap untuk orang tua / wali murid saat berkunjung;
  8. Sekolah tidak jauh dari tempat wisata, antara lain Taman Safari, Curug Cibaliung, Telaga Malimping, Taman Wisata Alam Gunung Pancar, Museum Etnobatani, Taman Wisata Matahari, dan lainya hal ini bisa untuk wisata siswa maupun orang tua / wali murid saat liburan atau saat menjenguk sang buah hati di asrama sekolah.